Lama Buron Usai Tembak Kocan, Jimi Akhirnya Ditangkap Polisi

  • Whatsapp

OGAN KOMERING ILIR, BERANDA INFORMASI – Setelah lama buron dan sempat meloloskan diri dari sergapan polisi, Jimi (45) yang merupakan DPO kasus penganiayaan asal Desa Somor Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ini akhirnya tertangkap juga, Jumat (29/5/2020) dini hari.

Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy melalui Kasubbag Humas AKP Iryansyah menjelaskan, pada Ahad (28/8/2019) lalu sekira pukul 17.00 Wib, terjadi penganiayaan dengan cara menembak pakai senjata api rakitan (senpira) jenis locok laras panjang.

“Aksi penganiayaan itu dilakukan tersangka Jimi terhadap korban Sarpika alias Kocan (35), warga Dusun 1 Desa Somor Kecamatan Cengal Kabupaten OKI. Karena tersangka tersinggung dan marah kepada korban,” kata Iryansyah, Jumat (29/5/2020) siang.

Tersangka merasa korban telah memborong hutan, akan tetapi saat menebang kayunya, sudah menebang kayu milik tersangka atau melewati batas hutan. Kata Iryansyah lagi, sehingga tersangka Jimi marah lalu mendatangi rumah korban, sambil membawa senjata api locoknya yang siap tembak.

“Ketika di depan rumah korban, tersangka melihat korban ada di balik pintu depan. Lalu tanpa ragu, tersangka langsung menembak pintu rumah korban tembus kena pinggang korban,” ujar Iryansyah.

“Tidak puas sekali tembakan, tersangka kemudian masuk ke rumah korban dan kembali menembakkan senpiranya ke arah pinggang kiri tembus ke dada sebelah kanan, hingga korban tersungkur. Lalu tersangka melarikan diri,” tambah Iryansyah.

Akibat penembakan ini, korban Sarpika alias Kocan menderita luka tembak 2 liang. Masih kata Iryansyah, 1 liang di pinggang kiri tetapi tidak tembus, sedangkan 1 liang lagi tembus ke dada kanan yang hampir menghilangkan nyawa, jika tidak cepat dibawa keluarga ke bidan desa. Kemudian langsung dibawa lagi ke rumah sakit di Palembang.

“Usai kejadian itu, pernah dilakukan penangkapan terhadap tersangka, namun kala itu tersangka berhasil melarikan diri hingga menjadi buronan polisi. Setelah lama menghilang, Rabu (28/5/2020) kemarin, Tim Macan Komering Polsek Cengal mendapat informasi bahwa tersangka kembali ke rumahnya,” tandas Iryansyah.

Lanjut Iryansyah, mengetahui keberadaan tersangka, Tim Macan Komering Polsek Cengal dipimpin Kapolsek Cengal IPTU Dedy Suandy dan Kanit Reskrim IPDA Suroto serta anggota, sekira pukul 16.00 Wib, berangkat dari Polsek Cengal mengendarai speed boat dan sampai di Desa Somor pada pukul 02.00 Wib dini hari.

“Setiba di TKP, tim membagi tugas masing-masing, akan tetapi tersangka kembali berhasil melarikan diri. Namun berkat kesigapan anggota yang berada di bawah rumah panggung tersangka, maka tersangka dapat dikejar. Walau tersangka membawa senjata tajam jenis pisau, tetapi dapat diamankan,” ungkap Iryansyah.

“Kini tersangka Jimi berikut barang bukti 1 bilah pisau bergagang kayu bengkok bersarung kulit dengan panjang 25 Cm, berhasil disita dari pinggang tersangka ketika di tangkap. Saat ini tersangka telah diamankan di Mapolsek Cengal guna pemeriksaan lebih lanjut,” pungkas Iryansyah. (Umar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *