Presiden Sebut Ada 10 Daerah Alami Kenaikan Kasus Covid-19, Termasuk Sumsel

  • Whatsapp

PALEMBANG, BERANDA INFORMASI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut jumlah kasus Covid-19 mulai merangkak naik di 10 daerah, diantaranya Sumatera Selatan, Aceh dan Lampung. Jokowi mengaku memantau data perkembangan kasus virus corona di seluruh daerah setiap waktu.

Atas kondisi tersebut, dia pun meminta pemerintah daerah sigap merespons perkembangan pandemi. Dia tak ingin lonjakan jumlah kasus Covid-19 kembali terjadi di Indonesia.

“Saya melihat beberapa daerah sudah mulai terjadi kenaikan. Perlu saya sampaikan hati-hati. Di daerah-daerah Sumatera Selatan, Aceh, Lampung, Jambi, Kalbar, NTT, Riau, Sumbar, Bengkulu, Kepri, hati-hati ada kenaikan,” kata Jokowi dalam pengarahan kepada kepala daerah se-Indonesia yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/4).

Jokowi juga menyebut, ada kenaikan jumlah keterisian tempat tidur di rumah sakit (bed occupancy rate/BOR). Dia mencontohkan keterisian Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta, yang naik 4 persen dalam dua pekan terakhir.

Kendati mantan Wali Kota Solo itu juga menyampaikan bahwa jumlah kasus Covid-19 di Indonesia mulai menurun beberapa pekan terakhir. Dia menyebut kasus baru setiap harinya tercatat dikisaran angka 4 ribu hingga 6 ribu.

Jumlah itu, menurut Jokowi, jauh di bawah catatan penambahan kasus Covid-19 pada awal tahun. Akan tetapi, dia tak mau masyarakat dan pemerintah daerah terlena dengan keadaan tersebut. “Terus akan kita tekan. Jadi, sekali lagi hati-hati,” ucapnya.

Pada kegiatan yang sama, Jokowi juga mewanti-wanti kepala daerah untuk serius mencermati perkembangan kasus Covid-19 di wilayah masing-masing. Dia ingin pemantauan kasus dilakukan dengan penuh kehati-hatian.

“Begitu naik sedikit, segerakan untuk ditekan kembali agar terus menurun,” kata Jokowi mengingatkan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi MM mengingatkan kepada masyarakat tetap hati-hati dan waspada dalam beraktifitas.

“Taati protkes, rajin mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak, selalu memakai masker, jangan berkerumun dan kurangi mobilitas serta jangan dulu pulang kampung atau mudik,” tukas Supriadi, Sabtu [1/5]. [Umar]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *