Pilkades Serentak di OKI Segera Bergulir, Tokoh Pemuda Desa Embacang Angkat Bicara

  • Whatsapp

OKI, BERANDA INFORMASI – Kontestasi demokrasi di tingkat desa dalam wilayah Kabupaten Ogan komering ilir (OKI), tak lama lagi akan segera dilaksanakan dalam beberapa bulan kedepan. Tercatat sebanyak 157 desa yang akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak.

Dari sekian banyak desa, satu diantaranya Desa Embacang yang berada di Kecamatan Mesuji Raya. Dan sangat diakui, terdapat beberapa calon kades maju berkompetisi di desa ini memiliki jiwa kepemimpinan dan berpihak kepada rakyat.

“Tentu calon – calon kades yang maju, jika terpilih nanti memiliki tantangan berat untuk menyelesaikan atau mengurangi sejumlah problem yang selama ini menjadi momok bagi pemuda di Desa Embacang,” ujar salah satu tokoh pemuda Desa Embacang, Tobi Fransisco, Selasa (8/6).

Karena selama ini jumlah pengangguran di Desa Embacang cukup banyak, kata Tobi lagi, bahkan tidak sedikit anak muda yang lulusan SMA dan sarjana tinggalkan Desa Embacang, memilih untuk pergi merantau.

“Seolah kita terhipnotis oleh angan – angan kebahagian yang semu meraih kesuksesan. Tanpa disadari kita sedang tertindas, namun kita mendiamkan ketertindasan ini dengan nilai semangat, patuh, takut dan menahan rasa malu,” tandas Tobi.

Padahal untuk kemajuan desa, pemerintah sudah memberikan solusi, menggelontorkan dana desa (DD) hampir Rp 1 miliar untuk setiap desa. Lanjut Tobi, sayangnya hingga kini dana yang begitu besar itu belum terlihat jelas manfaatnya.

“Walau ada dana yang digelontorkan oleh pemerintah pusat, namun belum terlihat perubahan signifikan di tengah masyarakat, khususnya pada bidang pemberdayaan masyarakat sehingga angka pengangguran berkurang di tingkat desa,” pungkas Tobi. [Umar]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *