Gagas ‘Jumantuk’, dr. Intan Meilita Sabet Gelar Nakes Teladan Tingkat OKI

  • Whatsapp

OKI, BERANDA INFORMASI – Atas dedikasi dan inovasi yang digagasnya, dr. Intan Meilita dinobatkan sebagai salah satu tenaga kesehatan (nakes) teladan tingkat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 tahun 2021.

Wanita lulusan fakultas kedokteran Unsri angkatan 2006 yang mengabdikan dirinya di Puskesmas Awal Terusan SP Padang OKI ini, menjadi pemenang kedua kategori dokter umum teladan, sesuai surat keputusan Bupati OKI tertanggal 3 Agustus 2021.

“Selain tindakan preventif, kita diminta harus bisa berinovasi untuk pencegahan, karena Puskesmas, memang dititikberatkan pada langkah pencegahan. Kemudian baru terapi,” jelas wanita kelahiran Mei tahun 1988 silam tersebut.

“Untuk itu, inovasi apa yang bisa dilakukan seluruh nakes di Puskesmas, jadi bukan hanya dokter saja,” tandas istri dari Bripka Wijoko Triyono SH, personel Satreskrim Polres OKI ini saat dikonfirmasi melalui seluler, Ahad (14/11).

Putri dari H. Taufik Hasdifa Singadilaga SH yang merupakan mantan anggota DPRD OKI tersebut juga menyebut, di tengah pandemi Covid-19, selaku dokter umum di Puskesmas Awal Terusan, ia pun berinovasi bentuk kader juru pemantau batuk (jumantuk).

“Kami berharap ini mampu mendeteksi TB. Karena ada banyak TB yang MDR, yang resistent pada seluruh obat. Makanya kita harus sangat waspada,” jelas ibu dari Dzaky Kasyudha Singadilaga dan Nafiza Inara Athaya ini.

Inovasi jumantuk yakni kita membentuk kader untuk memantau batuk. Jelas dia lagi, jadi bila ada yang batuk, maka akan langsung dipantau oleh warga yang telah ditunjuk menjadi kader, lalu di screening, kemudian dilaporkan ke nakes.

“Jadi untuk langkah pencegahan, kerjasama lintas sektornya lebih kita tingkatkan, terutama saat pembentukan kader jumantuk,” tutup wanita yang kini berusia 33 tahun tersebut. [Umar]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *