20.000 Bibit Pohon Dibagikan ke Desa Bumi Pratama Mandira Sungai Menang OKI

  • Whatsapp

OKI, BERANDA INFORMASI – Sebanyak 20 ribu bibit pohon beranekaragam yang siap tanam, dibagikan kepada masyarakat Desa Bumi Pratama Mandira Kecamatan Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan.

Adanya bantuan ini, tentu sangat disambut baik masyarakat setempat. Terlebih sangat dibutuhkan dan bernilai ekonomis. Bukan hanya itu saja, diharapkan juga nantinya bisa meminimalisir terjadinya abrasi tanah dan kebakaran lahan.

Pahmi Habib selaku Kades Bumi Pratama Mandira saat dikonfirmasi, Rabu (15/6) mengatakan, pihaknya sangat membutuhkan bantuan itu, terutama bibit pohon pinang. Karena bisa ditanam di pinggir tanggul atau kanal untuk antisipasi abrasi tanah.

“Sebab, selama ini rumput perumpungan banyak tumbuh liar dan rawan kebakaran, bila kemarau tiba. Jadi kami berusaha di Desa Bumi Pratama Mandira ini, kalau bisa diganti tanaman yang lebih bermanfaat dan punya nilai ekonomis,” ujar dia.

Pohon pinang sendiri sudah tumbuh disini, tapi tak begitu banyak. Lalu pohon mangga dan nangka yang coba kami tanam, Alhamdulillah hidup.

Lanjut dia, atas nama masyarakat dan pribadi sangat setuju, terutama tanam pohon pinang akarnya bisa menahan sehingga tak terjadi abrasi.

“Bantuan bibit siap tanam yang sudah datang ini beraneka ragam jenisnya, seperti pohon pinang, jengkol, pulai, sirsak, serta durian. Yang datang hari ini, Insya Allah besok sudah habis dibagikan kepada masyarakat,” kata dia.

Karena, kata dia lagi, masyarakat sangat antusias bahkan berebut minta, saat mulai kami bagikan. Untuk jumlah bibit dibagikan tanpa batas, jadi berapa banyak minta diberikan sesuai kebutuhan masyarakat.

“Lagipula, wilayah Desa Bumi Pratama Mandira luas, dengan jumlah penduduk 2.800 KK. Banyak tanggul – tanggul rawan kebakaran, jadi daripada ditumbuhi perumpung lebih baik ditanam yang bermanfaat dan bernilai ekonomis,” tegas dia.

Sementara itu, Camat Sungai Menang Syawal Harahap S.Sos.M.Si merincikan, total seluruh bantuan bibit pohon siap tanam yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat Desa Bumi Pratama Mandira berjumlah 20 ribu batang.

“Untuk jenisnya, salam 500 batang, ketapang 2.500, jengkol 2.000, sirsak 2.500, nangka 500, belangiran 1.000, gaharu 2.000, sengon 2.000, pinang 2.000, durian 3.000, trembesi 1.000, serta pulai 1.000,” jelas dia.

Ini bantuan Pemkab OKI, terang dia, Bapak Bupati H.Iskandar SE dan Wabup HM.Dja’far Shodik menugaskan Camat Sungai Menang berkoordinasi ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui BPTH I Palembang.

“Dari BPTH I Palembang, gratis dibagikan ke masyarakat, agar dimanfaatkan pada lahan kosong, tanggul tambak, pinggir jalan, jalur yang dikhawatirkan terjadi abrasi tanah dan mengganti tanaman tua tidak produktif ke lebih produktif serta berdaya guna,” tandas dia.

Sehingga, katanya, dampaknya nanti disamping penghijauan juga bernilai ekonomis bagi masyarakat. Kemarin dikirim langsung habis dibagikan. Hari ini datang pun sama. Diharapkan, dimanfaatkan pada lahan tak produktif, daripada ditumbuhi perumpung dan semak belukar.

“Dengan ditanami bibit yang dibagikan ini, kedepan diharapkan mampu meminimalisir lahan kebakaran dan abrasi tanah. Pak kades juga telah memerintahkan warganya untuk membersihkan lahan kosong, pinggir tanggul dan lainnya, lalu ditanami bibit yang telah didapat,” pungkas dia. (Umar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *